Loker di Kemenkop Posisi PMO Kopdes, Simak Jadwal dan Tahapannya

Posted on

Kementerian Koperasi (Kemenkop) membuka lowongan kerja (loker) untuk posisi Project Management Officer (PMO) Koperasi Desa (Kopdes) Merah Putih. Sudahkah mengecek jadwal dan tahapan loker Kemenkop terbaru 2025?

Dalam rangka melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2025, Kemenkop memandang perlu adanya PMO di setiap provinsi dan kabupaten/kota. Tugas dari PMO yakni memastikan tata kelola, pengawasan, dan pencapaian program Kopdes berjalan secara efektif, transparan, dan terukur.

Ada dua jabatan untuk posisi PMO yang dibutuhkan Kemenkop yakni untuk di tingkat kabupaten/kota dan provinsi. Masing-masing daerah akan mendapatkan dua orang. Berikut ini jadwal dan tahapan serta informasi lainnya.

Keseluruhan rangkaian rekrutmen Kemenkop ini mempunyai tahapan beserta tenggat waktunya. Dimulai dari pendaftaran online, seleksi administrasi, tes tertulis, wawancara, hingga pengumuman akhir. Berikut ini rincian jadwal lengkapnya:

Seleksi ini menggunakan sistem gugur. Apabila berkas tidak sesuai dengan persyaratan dan kualifikasi maka tidak bisa lanjut ke tahapan berikutnya. Untuk tes tertulis terdiri dari dua hal yakni tes kemampuan bidang koperasi dan psikotest.

Ada beberapa kualifikasi yang harus dipenuhi agar bisa mendaftar sebagai PMO Kopdes. Adapun syaratnya yakni:

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Pendidikan minimal S1/D4 semua jurusan

3. Usia maksimal 60 tahun pada saat pendaftaran

4. Sehat jasmani dan rohani

5. Tidak sedang terikat kontrak dengan instansi lain

6. Bersedia berkomitmen penuh selama masa kerja kontrak (3 bulan)

7. Diutamakan yang memiliki pengalaman pendampingan/pelatihan koperasi/UMKM/pemberdayaan masyarakat

8. Menguasai aplikasi Microsoft Officer

Setelah memenuhi semua persyaratan, berikutnya perlu melengkapi dokumen atau berkas yang diminta. Adapun daftarnya sebagai berikut:

1. Surat lamaran ()

2. Curriculum vitae (CV) terbaru

3. Ijazah

4. Transkrip akademik

5. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

6. Kartu Keluarga (KK)

7. Pas foto terbaru (ukuran 4×6 cm, menghadap ke depan

8. Dokumen persyaratan yang dikeluarkan oleh Airlangga Assessment Center (AAC)

9. Surat keterangan sehat

10. Sertifikat pengalaman/surat keputusan tentang pendampingan/pelatihan

Pendaftaran dilakukan secara online dengan mengakses website resmi Rekrutmen ACC melalui link . Adapun tata caranya sebagai berikut;

1. Buka website resminya

2. Klik “Next”

3. Lengkapi data Pilihan

4. Isi “Data Diri” dengan benar dan tepat

5. Upload file pendukung

6. Cek kembali data yang sudah diisi

7. Jika tidak ada yang keliru submit lamaran

Itulah jadwal dan tahapan lengkap dengan syarat hingga tata cara mendaftar loker Kemenkop 2025 posisi PMO Kopdes. Semoga berguna, ya.

Jadwal dan Tahapan PMO Kemenkop 2025

Syarat Menjadi PMO Kopdes Kemenkop

Dokumen yang Perlu Disiapkan

Tata Cara Pendaftaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *